FASILITAS & PELAYANAN > Layanan Lainnya > IPAL & WTP

IPAL & WTP

INSTALASI PENGOLAHAN LIMBAH RUMAH SAKIT & WATER TREATMENT PLAN

 

Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Ramelan Surabaya, memiliki fasilitas pengolahan limbah medis padat atau disebut Insenerator dan Penanganan Limbah Cair dengan pengolahan air limbah atau IPAL. Selain itu rumah sakit juga memiliki fasilitas pengolahan air bersih yang disebut WTP ( Water Treatment Plan).

 

Insinerator

 

Insenerator adalah alat pemusnah limbah padat dengan cara pembakaran yang terkendali sehingga emisi gas buangnya terkontrol atau tidak mencemari lingkungan serta abu hasil pembakaran tidak berbahaya.

 

IPAL ( Instalasi Pengolahan Air Limbah)

 

Air Limbah rumah sakit adalah seluruh buangan cair yang berasal dan hasil proses seluruh kegiatan rumah sakit yang meliputi :

  1. limbah domestik cair yakni buangan kamar mandi, dapur, air bekas pencucian pakaian.
  2. Limbah cair klinis yakni air limbah yang berasal dari kegiatan klinis rumah sakit misalnya air bekas cucian luka, cucian darah, air limbah laboratorium dan lainnya.

 

Air limbah rumah sakit yang bersal dari buangan domestik maupun limbah cair klinis umumnya mengandung senyawa polutan organik yang cukup tinggi, dan dapat diolah dengan proses pengolahan secara biologis, sedangkan untuk air limbah rumah sakit yang berasal dari laboratorium biasanya mengandung banyak senyawa logam berat yang mana bila air limbah tersebut dialirkan ke dalam dapat menggangu proses pengolahanya. Oleh karena itu untuk pengolahan air limbah rumah sakit, maka air limbah yang berasal dari laboratorium dipisahkan dan ditampung, kemudian diolah secara kimia-fisika, selanjutnya air olahanya dialirkan bersama-sama dengan air limbah lainya dan selanjutnya diolah dengan proses pengolahan secara biologis.

 

WTP

   

Water Treatment Plan adalah Sebuah system yang difungsikan untuk mengolah air dari kualitas air baku ( influent ) yang kurang bagus agar mendapatkan kualitas air pengolahan ( effluent ) standart yang di inginkan / ditentukan atau siap untuk dikonsumsi.

Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Ramelan memiliki WTP sebanyak 3 unit, yang masing-masing ditempatkan di posisi strategis yang ada di rumah sakit sehingga memungkinkan semua fasilitas pelayanan bisa menggunakan air bersih yang siap konsumsi untuk menunjang pelayanan yang ada.